Paper Summary 4

Hai guys, selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan berbagi pengetahuan mengenai paper yang saya baca mengenai Roket EDF. Tanpa berpanjang lebar mari saya jelaskan paper nya.

Paper yang pertama yaitu "Implementasi Kalman Filter Pada Kendali Roket EDF" isi dari paper ini adalah sebagai berikut:

Roket EDF (electric ducted fan) merupakan suatu objek terbang berbentuk menyerupai peluru dengan menggunakan motor listrik berselubung sebagai pendorongnya. Roket ini dikendalikan secara autonomous dengan memanfaatkan sensor akselerometer,  giroskop, dan magnetometer untuk mengetahui sikap roket terhadap gravitasi bumi dan magnet bumi. Dalam mengendalikan roket diperlukan suatu sistem kendali yang mampu mengendalikan roket dengan data sensor yang telah diolah menjadi nilai sikap yang telah difilter. Dalam  penelitian  ini  dirancang  suatu  filter  yang akan  diimplementasikan  pada mikrokontroler  roket.  Filter  yang  diimplementasikan  adalah kalman  filter  sedangkan  kendali yang  digunakan  adalah  kendali  proporsional  integral  derivatif (PID)  dengan  metode  tuning Ziegler-Nichols.

Hasil  dari  penelitian  ini  berupa  suatu  implementasi  kalman  filter  ada  sistem  kendali roket. Berdasarkan  hasil  pengujian  yang  dilakukan,  sistem  kendali  dengan  menggunakan kalman filter memiliki nilai standar deviasi terhadap nilai regresi linear pada sikap roll sebesar 2,73, pitch sebesar 3,03, dan yaw sebesar 6,96 derajat. Sedangkan nilai standar deviasi terhadap nilai ideal pada sikap roll sebesar 3,43, pitch sebesar 2,92, dan yaw sebesar 5,21 derajat.

Paper yang kedua yaitu "Desain Sistem Kontrol Posisi dan Keseimbangan Roket Dalam Menjaga Sudut Luncur Menggunakan PID Kontroler dan FUZZY Logic" isi dari paper ini adalah sebagai berikut:

Perkembangan teknologi roket di Indonesia sudah berkembang sejak lama. Pada saat ini teknologi roket mulai berkembang dikalangan mahasiswa melalui ajang kompetisi roket yang diadakan oleh DIKTI bersama LAPAN. Jenis roket yang berkembang dikalangan mahasiswa salah satunya adalah roket kecepatan rendah yang menggunakan daya dorong motor brushless EDF. Roket dengan daya dorong rendah memiliki tingkat akurasi keseimbangan yang rendah sehingga dibutuhkan suatu kontrol yang dapat menjaga posisi dan keseimbangan roket saat meluncur. Dalam pengaplikasiannya, roket mampu bergerak secara autopilot dengan meluncur keudara dengan mengontrol posisi dan keseimbangan sudut luncur melalui sirip roket. Metode yang digunakan yaitu PID kontroller dan Fuzzy Logic dilengkapi dengan sistem telemetri untuk memantau pergerakan roket melalui aplikasi monitoring attitude roket berdasarkan sudut pitch, roll, dan yaw. Data hasil pengujian sirip dapat bergerak bebas sebesar +30º sampai -30º dengan pergerakan sudut sebesar 5º. Data hasil pengujian awal roket dapat bertahan menjaga posisi dan keseimbangannya selama 2 detik di udara dengan sudut target yang terpenuhi sampai pada waktu 1000 milisecond pada sudut pitch dan sampai pada waktu 750 milisecond pada sudut roll. Data hasil pengujian akhir roket dapat bertahan menjaga posisi dan keseimbangannya selama 5 detik di udara dengan sudut target yang terpenuhi sampai pada waktu 3500 milisecond pada sudut pitch dan sampai pada waktu 2700 milisecond pada sudut roll. Roket gagal memenuhi target pada sudut yaw pada pengujian awal dan akhir karena kondisi roket yang melintir pada saat meluncur di udara.

Cukup sekian penjelasan mengenai paper yang telah saya baca tentang roket EDF. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih telah berkunjung :)